Berhubung, besok kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Ada, baiknya kita kembali mengingat sejarah-sejarah dulu. Dan, gue pengen berbagi sedikit cerita kepada kalian, tentang sejarah-sejarah Indonesia sebelum dan sesudah kebebasan/kemerdekaan. Iya, sejarah yang akan gue ceritakan disini tentunya adalah pahlawan dalam masa penjajahan.


FYI, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini, didapatkan dengan begitu banyak kisah perjuangan yang begitu pait dalam perjalanannya. Bukan, dengan semudah membalikkan telapak tangan. Nah, dari situ kita harus sangat bersyukur bisa menikmati kebebasan menjadi rakyat indonesia, tanpa harus berjuang seperti dulu.


Dan, kalian tentunya pasti tau? dulu bangsa kita (Indonesia) pernah dijajah oleh bangsa asing selama 3 abad lebih. Gila! lama banget kan? jadi, nggak ada alasan buat kita, untuk nggak berterima kasih kepada para pahlawan yang telah mati-matian berjuang untuk mendapatkan kebebasan/kemerdekaan Indonesia.

Jujur, sebenernya dulu gue kurang peduli tentang sejarah-sejarah di Indonesia. Tapi semenjak, gue berteman sama mas Arisandi Putra melalui facebook. Disana, gue ngeliat status beliau yang penuh dengan kata-kata inspiratif mengenai sejarah dan juga film sejarah yang kebetulan diproduksi langsung oleh beliau. Dan, dari situ juga gue jadi lebih menghargai, dan ber-keinginan untuk tau sejarah di Indonesia. 

Sosok yang pertama gue kagumin disini adalah Sutomo, atau biasa yang kita kenal dengan panggilan bung tomo. Jiwa kepahlawanan bung tomo, gaperlu diragukan lagi. Sejarah mencatat, bung tomo adalah sosok cinta tanah air, nggak gentar melawan penjajah, dan terus mengobarkan semangat pejuang pada masanya.





Gue terpukau, bangga, sedih pas ngeliat film pertempuran rakyat soerabaya melawan Inggris. Sumpah, bulu kuduk gue merinding, dan teharu denger bung tomo mengumandangkan pidatonya. Suaranya lantang, tegas, berkobar, penuh semangat!!!! Nih, gue kasih video buat kalian yang penasaran belom nonton: 




Waktu gue nonton videonya, viewers film ini masih dikit loh. Tapi, pas gue cek lagi.... udah membludak dan masuk kategori populer diyoutube. 

Oke, lanjut....

Dan, sosok kedua yang gue kagumin adalah presiden pertama kita Ir. Soekarno, atau biasa dikenal dengan panggilan bung karno. Iya, dia adalah inspirator gue banget. Sejarah mencatat beliau adalah presiden yang paling berani melawan musuh-musuh yang dianggap bisa mengacaukan keutuhan Indonesia, banyak pemimpin dunia menghormatinya. Andaikan aja, masih ada pemimpin dinegeri kita yang persis seperti beliau. Gue yakin! Indonesia bukan lagi bangsa diremehkan.




Perjuangan bung karno yang dilakukan untuk Indonesia itu udah banyak banget. Tapi yang bikin gue terkagum-kagum adalah pada saat usaha perlawanan Indonesia dalam melakukan pembebasan Irian Barat. Gue sebagai warga negara Indonesia bangga banget. Waktu panglima tertinggi revolusi Indonesia Ir. Soekarno melakukan Operasi Trikora. Dan operasi tersebut sampai saat ini, merupakan operasi amphibi terbesar sepanjang sejarah perjuangan indonesia. Biar, lebih afdol liat dulu videonya: 




Disini membuktikan fakta sejarah, bahwa perjuangan secara diplomasi nggak cukup, tanpa didukung kekuatan militer yang disegani. Kalo bukan karena hal tersebut, mustahil AS dan Australia tiba-tiba mencabut dukungan kepada belanda dan membuat belanda menyerahkan Irian barat ke NKRI.

Hem... sekedar saran aja nih, yang belom nonton video tadi. Mending , nonton dulu. Gue jamin, kalo jiwa nasionalisme kalian ada, pasti dapet banget feelnya pas ngeliat film itu. Nggak bakal nyesel deh. Dan, itung-itung buat nambah wawasan juga.

Sepertinya segini aja dulu. Gue yakin, tentunya kalian udah nemu cerita tentang pahlawan ini. Entah waktu sd, smp, ataupun SMA. Tapi, berhubung besok adalah hari kemerdekaan Indonesia, gapapalah untuk bicarakan lagi. Toh, banyak orang beranggapan sejarah cuma masa lalu. Padahal harusnya kita sebagai generasi bangsa Indonesia menjadikan itu sebagai pembelajaran dan turut serta memajukan bangsa yang tercinta ini, bukan malah sebaliknya.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih hehe^^

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Jangan pernah lupakan sejarah" - IR. SOEKARNO"

86 comments:

  1. sangat di sayangkan kalau perjuangan pahlawan yang harus gugur demi bangsa tapi bangsanya sendiri sampai gak mempedulikan mereka semua. aku harap gak cuma di tanggal 17 agustus jiwa nasionalisme keluar. di tanggal itu cuma di suruh upacara aja males-malesan. bayangkan cuma upacara, pa lagi kalau di suruh maju perang...

    *beli tiket pesawat kabur ke Bogota Colombia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini bener, generasi muda zaman sekarang disuruh upacara aja males. Karna saya pernah mengalami hal sama seperti itu hehe.

      Delete
  2. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri. " -bung karno

    jadi kita mesti kudu tau asa usul negara ini :D

    ReplyDelete
  3. beuh...kalau sukarno itu kereennya minta ampun
    fakta sejarah menunjukkan bahwa Indonesia pada saat itu menjadi negara yang di takuti

    tapi setelah perubahan sistem,,,lambat laun Indonesia menjadi kendor..generasi muda yang harusnya merubahnya kembali menjadi Negara yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seperti yang kita tau situasi bangsa kita seperti ini. Dan, anak muda banyak jaman sekarag, udah tau kan seperti apa? u know what i mean lah -_

      Delete
  4. tp sayangnya banyak pahlawan yg terlupakan, mlh nasibnya sekarang miris :( y semoga saja jiwa nasionalisme pemuda Indonesia ga musiman, ga cuma pas 17an aja, tp tiap saat slalu punya jiwa nasionalisme. tp cuma jangan bicara aja, buktikan dengan tindakan. setuju sama moti generasi muda harus bisa merubah sistem yg ada di negri kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kasian veteran yang dulu mati-matian memperjuangan bangsa indonesia sekarang hidup luntang-lantung gitu. Seharusnya pemerintah lebih bisa menghargai jasa para pahlawa dikala dulu.

      Delete
    2. tapi pemerintahnya ga mau apa ga mau tau ya?? entahlah :D

      Delete
  5. keren banget semangat mereka dalam perjuangan mempertahankan negara ini , kita sebagai generasi muda seharusnya brtanya "apa yang telah kita perbuat untuk negara ini ? " sampai sekarang pertanyaan itu masih belum terjawab oleh saya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya generasi jaman sekarang seharus bisa aktif mengisi kemerdekaan dengan berpastisipasi dalam bidang dan fungsi masing-masing :)

      Delete
  6. Bangsa yang baik adalah bangsa yang mengharghai sejarah, betul? Seluruh anak di Indonesia diajarkan sejarah di sekolahnya masing-masing, tapi sangat sedikit yg kembali mencari sejarah tersebut di tempat lain. Itu artinya penyampaian sejarah pun belum bisa meracuni anak Indonesia, semoga generasi kita berubah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul! tapi sejarah yang dipelajari saya rasa cuma dijadikan ingatan masa lalu aja. Generasi muda jaman sekarang saya pikir cuma sekedar tau aja tentang sejarah.

      Delete
  7. Baca ini dada saya ikut berdetak. Antara bangga bercampur gemas. Bangga memiliki Pahlawan yang hebat tapi juga gemas melihat situasi bangsa ini sekarang, kemana Pahlawan-pahlawan hebat masa kini sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya yang dibilang dengan pahlawan masa kini, sudah terbuai dengan uang. Iya, bisa dikatakan begitu. Karena pada dasarnya mereka yang harusnya menjadi wakil rakyat malah berlomba-lomba memperkaya diri -_-

      Delete
  8. sebagai generasi penerus, mestinya bnyak belajar dari sejarah indonesia. Tp apa? Jaman skarang kyknya dikit yg bener2 peduli sejarah. Gue suka nih video yg beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener yog, mudah-mudahan tahun ini indonesia lebih baik kedepannya :)

      Delete
  9. mari kita mengheningkan cipta :')

    ReplyDelete
  10. sajang sekali bang. modem goee gak bisa diadjak kompromi kalo liat pideo jutube.

    seharoesnya peladjaran2 tentang sedjarah Indonesia itoe lebih di dominankan dipeladjaran anak2 sekolah. biar anak2 indonesia bisa mengetahoei banjak hal dari sedjarah indonesia dari sedjak ketjil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betoel sekali an! Yah sajayang sekali yaa. Padahal videonya keren loh :p

      Delete
    2. ahaha... loe gak bisa ngomong kajak goee. kasian banget...

      ja nih. inetnja lelet banget..!

      Delete
    3. Sumpah gue mau ngikutin tulisan lo ribet. Mesti diketik ulang, dan dicek lagi hahahahaha. Lo udah tua ya? jago banget bahasa jaman dulu. Yaudah, ngaku aja. :))

      Delete
  11. Mungkin ini yang disebut kacang yang lupa sama kulitnya. Yaps. Anak muda jaman sekarang.
    Walau pun nggak semuanya begitu, tapi yang nampak ya mayoritas yang begitu :/
    kurang pandai bersyukur, coba sekarang kita tengok kerabat kita, mesir, yang kalau gak salah dulu yang pertama mengakui kemerdekaan kita, sekarang justru lagi berjuang! Pengakuan mereka itu penting banget loh! Karena termasuk poin penting syarat berdirinya suatu bangsa.
    Duh, jadi melow gini :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget. Mayoritas anak jaman sekarang ya seperti itu. Tapi, yang pertama mengaku kemerdekaan kita adalah, Palestina #CMIIW

      Delete
  12. Bung Karno itu komitmen sama janjinya sebagai pemimpin. Di pembukaan UUD kita jelas tertulis menentang segala bentuk penjajahan di dunia ini. Itu makanya Bung Karno menolak secara tegas iming-iming Israel untuk memberikan pengakuan atas merdekanya Indonesia pada waktu itu. Dan Bung Karno juga menolak untuk mengundang Israel di suatu even olahraga pada masa itu. Ini juga alasan kenapa Indonesia gak punya hubungan diplomatik dgn Israel.
    Maap kepanjangan. Saya cinta Sejarah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju banget sama kakak Lia. Kalo denger nama Israel itu rasanya pengen........ pokoknya begitu deh haha. Sumpah, benci banget Israel. Berani, menyerang dibantu dengan sekutunya. Seharusnya negara islam turut membantu. -_-"

      Delete
  13. Aaaak pengen banget liat videonya, tapi modem gak mengizinkan :((

    entah kenapa gue kurang peduli dengan sejarah. ada yang bisa bantu gue keluar dari ketidakpedulian ini gak? :((

    seandainya pemimpin Indonesia sekarang seperti Bung Karno dan Bung Tomo, mungkin Indonesia masih menjadi bangsa yang jaya dan jauh dari keterpurukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah videonya belom?^^

      Iya, sekarang kita cuma berandai-andai aja. Tapi, semoga sekarang Indonesia dilahirkan pempimpin yang bener-bener cinta kepada negara, cinta pada rakyat. Amin:)

      Delete
  14. gue pokoknya lusa mau liat videonya kalo di wfian gratis nih!!
    emang pejuang tu keren keren banget perjuangannya, jadi kita sebagai pemuda emang harus all out membela bangsa dan membangunnya, bukan malah ngejelekin, yang bobrok ini bobrok itu, yang pgn hidup di negra orla. itu...nggak banget!! merdeka!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo.... liat videonya dong. Hehehe
      Bener banget tuh! jaman sekarang cuma, kebanyakan dari mereka cuma bisa ngejelekin bangsanya sendiri. Toh, pada kenyataanya mereka nggak melakukan apa-apa.

      Delete
  15. Soekarno itu pejuang yang keren. Tapi sayangnya dia bukan presiden yang kompeten. Karena dia orang engineering dan basic ekonominya lemah. Waktu dia jadi presiden, inflasinya gila-gilaan. Tapi dia orangnya tegas. Mungkin kalo SBY setegas dia, Indonesia bisa jadi lebih keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sih, inflasi yang gila-gilan itu buat membangun fasilitas yang berskala internasional. Biar Indonesia diperhitungkan di mata dunia. Ngomongin soal SBY? saya agak ragu dia keren. Toh, kebanyakan anak buahnya begitu.

      Delete
    2. Coba aja liat demokrat sekarang itu kayak gimana haha. Itu anak buahnya kan?. Saya pernah bangga waktu pak Sby nggak pandang bulu dengan membuktikannya saat mengadili besannya sendiri. Tapi, dibalik itu semua. Apa yang terjadi sekarang dengan Pak antasari? kayaknya disabotase gitu. Entahlah -_-

      Delete
  16. aamiiiinnn, oleh karena itu kita sebagai anak bangsa seharusnya bisa mempertahankn kemerdekaan dan semangat berjuang tersebut, untuk menjadi seperti beliau-beliau tersebut tentu kita gak bisa, tpi masih banyak cara lain untuk menjadi hebat seperti mereka, dan berkaca dari sejarah itu harus dilakukan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Iya, banyak kok yang bisa kita lakukan untuk menjadi seperti beliau. Dengan, berpastipasi membangun bangsa ini lebih baik kedepannya :)

      Delete
  17. agak takut liat video nya. Takut nangis, takut gemeter, takut gak bisa jadi pemuda bangsa yang di inginkan pahlawan nasional dahulu.

    Pengen ngerasain gimana tentram nya saat di pimpin oleh bung Karno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya berani dong cecil! hehe
      Itukan bisa dijadikan pembelajaran kita buat kedepannya :)

      Delete
  18. coba kalo dipostnya tanggal 17 agustus bang, pasti dapet banget feelnya. tapi terserah yah.haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener juga sih. Tapi udah terlaju haha.

      Delete
  19. ada pepatah mengatakan kalo bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarah,.
    gue yakin seluruh masyarakat indonesia adalah orang yang menghorati sejarah, tapi kadang mereka lupa kalo sejarah bukan cuma di hormati tapi di tanam di dalam diri agar kelak kita bisa jadi bangsa yang benar2 besar. itu ajah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue suka sama kata-kata lo pik. Semoga apa yang lo bicarakan itu menjadi kenyataan di Indonesia. Semoga mereka sadar :)

      Delete
    2. semoga ajah ya bang, soalnya kita butuh ksadaran itu..

      Delete
  20. sejarah bukan cuman untuk di ingat. cuman di ambil hikmah juga pelajaran2 didalamnya bray...heuheu

    ReplyDelete
  21. Jas merah-Jangan lupakan sejarah.

    Kita adalah generasi baru untuk kejayaan Indonesia. Bukan lagi generasi penerus yang hanya bisa meneruska, tanpa melahirkan karya dan kejayaan baru negeri ini. Kita, pasti bisa! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mbak lina. Kita pasti bisa. Merdeka!^^

      Delete
  22. gue sendiri udah bangga kalo masih ada anak muda yang punya idola pejuang indonesia, gak cuman idola kaya JP, OD, MJ dll lah. gue salut sama elo. keren2 idolanya. nah gue ? idola gue siapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya itu bukan idola, dijadikan panutan aja. Karena apa yang mereka lakukan bisa dijadikan motivasi buat generasi penerus buat bangsa.

      Lo juga keren kok san :) Idola lo ayam, nggak ada ayam gue nggak bisa makan telor, dan tentunya nggak pernah ada namanya penyakit bisulan. Begitu, bukan?haha

      Delete
  23. merinding melihat video ini. ya Allah, Indonesia hari ini... bagaimana keadaannya :(

    ReplyDelete
  24. bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya ;)
    padahal sejarah asik loh buat dipelajarin lagi, aku aja suka eheh *curhat*
    semoga dengan adanya postingna ini dr km bisa nambah rasa hormat kita sama sejarah Indonesia dan menjadikannya pelajaran ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Jujur, dulu nggak suka sama pelajaran sejarah. Tapi, baru-baru ini khilafnya semenjak ketemu mas Arisandi hehe.

      Amin. Terimkasih lidya^^ hehe

      Delete
  25. nice post gan,, dulu sering di bahas dalam pelajaran sejarah,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. Aku udah komen kemarin yahhh... hehe

    ReplyDelete
  28. Bener tuh matt, sejarah itu jangan dilupain. Karena dari sanalah kita belajar dan bercermin. Mana ada sih orang yang mau nyemplung ke lobang yang sama ? Begitu juga dengan pengalaman.

    Tapi jangan ngaku nasionalis deh, kalau bokep lu aja masih produk luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kalo sampe jatuh ke lobang yang sama, itu namanya pembodohan. Nggak bisa, belajar dari kesalahan. Begitu bukan?

      Tjakeeep! yang kayak begituan juga penting. Kalo ada jiwa nasionalis pasti kalo nonton bokep, versi kita. Tapi, ini kenapa lo ngomongin bokep sih? :( wakakaka

      Delete
  29. salam kenal :)

    gue liat di tipi miris bung, banyak veteran perang dulu blm mendapat penghargaan yang layak dari pemerintah..

    yupp, JASMERAH...
    jangan pernah melupakan asal-usul kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, miris emang bang. :(
      Kasian veteran yang hidupnya terlantar.
      Padahal jasa mereka begitu besar buat bangsa ini.

      Delete
  30. aku udah komentar kemarin, tapi belum ada balasan dari empunya blog ini. jadi sekarang cuma ninggalin jejak aja ya hehe

    ReplyDelete
  31. happy independent day kak... :D

    http://blogsaya04.blogspot.com/

    ReplyDelete
  32. sayangnya modem gue nggak kuat buat muterin tuh video -,-. ga kuat gue kalo nungguin video yg bufferingnya sampe berjam-jam.
    kalo gue pribadi sih lebih mempaporitkan bung karno, karena emang sikapnya yg luar biasa. dia nggak pernah minta bantuan sama negri luar. walaupun negri kita masih baru merdeka tapi dia tetap dengan kepala tegak ketika berdampingan sama presiden amerika.
    gue merinding kalo denger suara bung karno, sumpeh deh. aplagi ketika yang pidatonya tentang malaysia, wuidiihhh -,-. merinding gila gue.
    udah pernah ke makamnya bung karno belom yg ada di blitar?? coba deh sekali-kali kesno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiiiih, lagi-lagi gara-gara faktor internet ya. Yaudah kerumah gue sini, ji. Mumpung baik ,bagi-bagi wifi gratis hahaha.

      Perkataan lo mengingatkan gue, statement bung karno yang kayak gini: "Kita adalah bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis. Kita tidak akan meminta minta, apalagi bantuan itu di embel-embeli dengan syarat ini syarat itu. Lebih baik kita makan GAPLEK tetapi MERDEKA dari pada makan BISTIK tetapi menjadi BUDAK!"

      Gue belom pernah kesana. jauh dari tempat tinggal gue soalnya haha-_-

      Delete
  33. Makam bung karno aja masih sepi gak rame. Ini nyata loh aku kemaren kesitu. Padahal sangat disayngkan. Bapak proklamator kita masih jauh dari kata di kenang. So ayolah generasi muda, kenanglah bapak soekarno :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren kesitu? keren!
      Mungkin ada yang kepengen kesitu gabisa gegara jauh kali yaa. Tapi masih banyak kok cara yang lain untuk mengenang beliau hehe.

      Delete
  34. jangan melupakn sejarah itu menurut saya cuma slogan aja.
    liat sekarang para generasi muda kalo di tanya sejarah pasti kelimpungan dan langsung cari di google . miris :(

    ReplyDelete
  35. Miris banget mengetahui 3,5 abad kita dijajah dan selama itu pula para pahlawan berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan. Tapi semua jadi terasa sia-sia jika kita ngomongin soal korupsi dan mementingkan kepentingan pribadi masing2 di atas penderitaan rakyat. Kapan kita akan benar2 merdeka???

    ReplyDelete
  36. jangan pernah lupakan sejarah ?? iya gue gak pernah lupa sejarah kok. buktinya gue masih inget sejarah gue sama mantan pacar gue terus nih.. sampe akhirnya susah move on -_-


    bung karno emang hebat,
    coba aja kalo kita belom merdeka!!! lo bayangin aje brooo kita bakalan tinggal dimane entaaar?? terus kita gak tau mau tinggal di negara mana. iya kan????

    ReplyDelete
  37. Ya! Merdeka! *Beridiri di atas genteng rumah, Kibarin Bendera Merah Putih*

    ReplyDelete
  38. Sekarang musuh terbesar bangsa Indonesia adalah bangsanya sendiri

    ReplyDelete
  39. Tadinya aku skip sampe halaman bawah, ternyata ada pideo-nya. Agghh, modemku loadingnya kayak move on dari pacar. Langsung pesimis dah, tapi gue baca artikel ini kok. :)
    Semangat MERDEKA!
    JAS MERAH-nya, jangan sampe lupa ^.^

    ReplyDelete
  40. sumpah merinding liat videonya.....

    ReplyDelete
  41. betul..diplomasi aja gak cukup...perlu membangun kekuatan militer yang bagus juga...karena tameng dan kekuatan dari suatu negara itu juga bergantung dari militernya..

    aduh syangny kuota modem udh sekarat...jd gak mungkin buat muter videonya...

    ReplyDelete
  42. gak bakal ada masa depan kalo gak ada sejarah *yaiyalah*

    tapi sayang, banyak banget pahlawan2 yang terlupakan, padahal jasa mereka gak kalah jauh sama pahlawan2 nasionalis. saya paling seneng kalo pas pelajaran sejarah, gurunya cerita tentang pahlawan2 yang namanya tak diabadikan, tapi perjuangannya benar2 luar biasa.
    semoga kelak kita bisa menjadi pahlawan seperti mereka, memerdekakan negeri ini dari jeratan koruptor bengis

    ReplyDelete
  43. Postingan elo bikin gue jadi tau apa yang tadinya gue enggak tau..
    Padahal gue calon guru SD tapi gue enggak bener2 tau cerita sejarah perjuangan RI dan tentang pahlawan2nya, gue masih gagal :')

    ReplyDelete
  44. ahh sejarah memang sangat penting, setidaknya walaupun kita tak menyaksikan betapa pedihnya hidup rakyat Indonesia di masa penjajahan sebagai anak bangsa ini kita memang musti tahu sejarahnya Indonesia ,, perjuangan mereka duuuhh bagaimana bisa kita mengabaikan perjuangan para pahlawan sementara kita yang menikmati kemerdekaannya detik ini..

    duhh bergidik dengar suara lantang di videonya.
    ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR, MERDEKA!!!!

    ReplyDelete
  45. JAS MERAH! - Ir. Soekarno
    Bung Karno aja selalu bilang jangan pernah ngelupain sejarah, lah dan anak-anak jaman sekarang sering bilangnya move on, ga mau liat belakang, padahal kalo mereka mau maju ke masa depan yang lebih cerah kan juga perlu melihat kekurangan mereka di masa lalu supaya bisa diperbaiki buat masa depannya hehe
    *udah keren belum kalimat gue bang? ._.

    ReplyDelete
  46. coba diperingatinya ga cuma sehari

    ReplyDelete
  47. soekarno emang top bang gue aja ngumpulin pidatonya dan dengerinnya sampai ngeri, videonya liat nanti aja kalo koneksi mengizinkan :)

    ReplyDelete
  48. Dari kecil aku suka sama sejarah, soalnya sejarah itu keren, nggag ada sejarah kita enggak mungkin kayak sekarang ini.
    Bung Tomo juga salah satu pahlawan favoritku lho Kak.
    Tapi, kenapa sih ya orang2 Indonesia masih ada aja yg kurang menyadari adanya diri mereka sekarang ini kan karna sejarah?!

    Ya sudah itu aja deh curcolnya. Hhehe. ,

    Betewe eniwe, film indie pertamaku juga bercerita tentang sejarah gara2 suka sejarah bgt. Hhihi, . :D

    ReplyDelete
  49. Yongs. JAS MERAH pokoknya. Ibaratnya gini, bangsa kita udah tumbuh. Gimana mau kita urus dengan baik kalau kita ngga tahu apa aja yang udah dilakukan bangsa ini kemaren-kemaren.

    ReplyDelete
  50. Baru nyadar gue juga suka males-malesan ikut upacara pas hari kemerdekaan RI.

    Yang penting sekarang bagaimana cara kita sebagai generasi penerus memajukan bangsa biar gak terdengar lagi kata korupsi. Walopun gue gak yakin sih, negara kita kan rajanya korupsi. Tapi ya udah lupakan itu.
    Merdeka!

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. sejarah itu harus kita kenang tapi waktu jaman aku sekolah di SMK gak ada pelajaran sejarah,,

    #hadeuhh payah

    ReplyDelete