Sewaktu kecil, gue pernah mendengar cibiran tentang penyakit orang kaya dan penyakit orang miskin. Menurut gue, semua penyakit itu sama aja. Iya, sama-sama nggak ada yang enak. Kalo ada anak SD yang bilang sakit itu enak? Maklumin. Dia cuma sepik, biar besok nggak masuk sekolah. Biasanya sih gitu. Muahaha.

Ya, entah kenapa gue jadi tertarik membahas perbedaan penyakit orang kaya dan penyakit orang miskin. Gue cuma heran aja, kok bisa ya, ada penyakit yang membedakan status sosial. Kenapa harus ada perbedaan seperti itu? Apa mungkin akan muncul juga rumah sakit orang kaya dan rumah sakit orang miskin? Coba deh bayangin, bila itu bener-bener terjadi pada kehidupan ini. Saran gue cuma satu, HANCURKAN saja dua-duanya, biar ramai!

Begini....

Gue pernah mengalami kejadian yang gue nggak ngerti sama sekali. Ada se-ekor anak kecil, namanya Andi (anggap saja dia siluman) yang bangga dengan penyakit-nya. Terlebih lagi, udah bangga, pake segala ngeledek temennya. Bikin esmosi tingkat kecamatan.

Andi: 'Eh, eh, gue punya penyakit asma dong.'

Temen: 'Terus gue harus bilang wow, gitu?'

Andi: 'Wah, ngocol nih bocah. Gue kasih tau nih ya, penyakit ini penyakit orang kaya. Bukan kayak elo. Kurap, kudisan, ileran kayak penyakit orang susah. Hih. Ciandelu.'

Setelah percakapan itu, mereka bertempur bagaikan Napoleon Bonaparte yang sedang mencari jati dirinya . Tapi, gue nggak mau jelasin lebih rinci berantemnya kayak gimana, karena gue bukan komentator tinju yang ada di tipi-tipi. Selain itu, gue juga takut dimarahin sama kak Seto, karena gue juga yang memperkeruh suasana. Yap! intinya Gue yang adu domba mereka. *ketawa setan*

Mat, masih pengen lihat matahari kan?

Oke, saudara-saudara setanah air. Mari kita bahas dengan serius.

Setelah di tela'ah lebih dalam. Ternyata, datangnya penyakit nggak terlepas dari gaya hidup orang sehari-hari. Nah, pada akhirnya penyakit bisa menyerang gaya hidup yang mirip, seperti si kaya dan si miskin. Gitu.

1. Si Kaya
Biasanya si Kaya itu mengalami penyakit seperti asma, kanker, jantung, dan masih banyak lagi. Contoh kecil. Seperti yang sering kita lihat, pada kenyataan-nya penyakit asma jarang menyerang si Miskin. Alasan keterkaitan penyakit itu, sampe saat ini masih belom diketahui oleh manusia manapun. Jadi, hanya Tuhan yang tau.

2. Si Miskin.
Beberapa penyakit infeksi yang sering di alamin si Miskin itu seperti TBC, kurap, kudisan, cacar air, campak dan masih banyak lagi. Datang-nya penyakit ini, udah pasti akibat dari lingkungan yang kurang bersih. Maka dari itu kuman penyakit cepet sekali menyebar. Jadi, penyebab penyakit itu sering timbul, mungkin karena faktor lingkungan, dan makanan.

Namun, pada akhirnya sama aja. Si  Kaya bisa mati seketika, karena serangan jantung. Dan, si Miskin yang bertahun-tahun terkena kudis, kurap, lalu akhirnya mati juga. Intinya semua akan kembali padanya. Hehe.

Jadi, jangan pernah saling membeda-beda kan sesama manusia. Pada dasarnya manusia itu mempunyai derajat yang sama. Yang membedakannya adalah perilaku. Nah, maka dari itu jangan ngikutin si Andi! Dia nakal, dia garang, dia jahat, dia kuat, tapi di cubit nangis. Dasar, bocah. Huh!

45 comments:

  1. Ih ada lho si Kaya yang kena penyakit kurap, kutu air, gatel-gatel, gara-garanya dia mandinya pake duit lembaran. Kan banyak bakterinya tuh. Hahaha *ketawa sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Itu si Kaya pasti kikir banget. Iya, bayar air buat mandi aja, gamau. :))

      Delete
  2. oke, gua baru tau kalau ada orang yang lagi sakit tapi bangga. itu lebih baik di doakan supaya cepat mati aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan, doa kan mereka supaya jadi abu.

      Delete
  3. Penyakit orang sederhana apaan, Mat? Gue sakit pilek sama batuk, jadi gue termasuk orang kaya atau miskin? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, itu cuma galauporosis aja. Jangan, sering mikirin mantan mulu ya. Jadi, batu sama pilek gitu kan. Huhu.

      Delete
  4. Info aja, TBC itu bukan penyakit orang miskin, tapi penyakitnya negara miskin. Yg miskin di Amerika udah ga kena yg ginian.

    ReplyDelete
  5. Orang kayak juga kalo hidupnya ga sehat, bisa aja kena penyakit kudis, kurap atau lainnya. Orang miskin juga kalo hidupnya sehat ga bakal kena penyakit. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini bener. Namanya penyakit, ga akan pandang bulu. Siapapun yang lemah menjadi sasaran.

      Delete
  6. mungkin karena penyakitnya paham dengan ekonomi yang di alami si kaya dan si miskin. penyakit kronis tahu kalau si kaya akan punya banyak uang untuk mencoba berobat dengan masuk RS dan obat-obatan mahal. karena banyak uang buat bayar semuanya gak akan jadi masalah. yang jadi masalah penyakit ini susah di sembuhkan dan banyak yang mati *upss ditampar sikaya
    sedangkan penyakit yang bisa gue bilang ga keren menyerang si miskin, penyakit ini tahu kalau si miskin akan gak mampu berobat. dan akan membuat iba si kaya buat bantu simiskin. itu si teori gue sendiri si... jadi penyakit ini punya tujuan dan maksud masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu adalah bagian dari dinamika kehidupan.

      Delete
  7. lu sendiri punya penyakit gakk?

    ReplyDelete
  8. Hehe.. lucu postingannya :D. Mudah2an sehat selalu

    ReplyDelete
  9. yah tambah penyakit org miskin..sakit maag..
    karena jarang makan..sampai akhirnya terjangkit penyakit itu..#plak

    ada kasus teman saya punya penyakit asma, tapi dia jg kudisan..bagaimana ini..
    apa ini pantas disebut penyakit org kaya atau miskin..
    hehe lupakan...

    "Namun, pada akhirnya sama aja. Si Kaya bisa mati seketika, karena serangan jantung. Dan, si Miskin yang bertahun-tahun terkena kudis, kurap, lalu akhirnya mati juga"

    kasian bgt si miskin
    :D'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya faktor makanan juga bisa dibilang mempengaruhi bang. :D

      Delete
  10. Diihh si Andi, penyakitan aja sombong. -__-" kalo gitu gue yg Allhamulillah sehat, bisa Lebih sombong dari dia. #pfft

    Iya, kadang gue juga heran, kenapa orang2 membedakan penyakit orang kaya dan orang miskin. Pdhal kan sama aja, sama2 penyakit. Gue sbenarnya punya sih penyakit. Yaitu Kanker. Kanker penyakit orang kaya? Bukanlah.. Kanker = Kantong Kering. Haha.. XD

    ReplyDelete
  11. ngomongin penyakit, sejauh ini gue udah 20 tahun hidup, tapi blm pernah kena cacar. gue takut kalo keburu tua udah kena duluan mat. katanya makin tua, bekas cacarnya makin susah ilang ya? WTF -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita, sama sak! Alhamdulillah, gue belom pernah mengalami penyakit cacar. Iya, katanya begitu. Mudah-mudahan sampe akhir hayat sehat selalu. Amin.

      Delete
  12. Nyatanya memang penyakit ada karena kondisi lingkungan dan gaya hidup. Mungkin gak selalu, tapi seringnya di masyarakat yang terjadi ya seperti itu. Akhirnya terbentuklah anggapan bahwa ada penyakit untuk si Kaya, ada juga untuk si Miskin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya kakak. Mungkin lebih tepatnya begitu. :)

      Delete
  13. Kalo Jomblo penyakit yang mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Jomblo penyakit orang kesepian. :))

      Delete
  14. Pas kecil emang seneng kalo udah sakit, gak masuk sekolah dan dibeliin banyak makanan.. Tapi gak enak juga sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ga enaknya itu mengalami sakit. Gitu kan maksudnya? Haha.

      Delete
  15. yang jelas penyakit kaya atau miskin semuanya harus berobat ke dokter dan itu maenstream abis wkwk terus yang gak maenstrem apaan ya tetap jaga kesehatan cieee :D

    ReplyDelete
  16. Penyakit aja ada golongannya. Ada penyakit orang kaya, juga orang miskin. Kalo penyakit orang setengah kaya setengah miskin ada gak yah? Kalo penyakit tuna asmarakan jelas:kesepian.

    Bagusnya sih gak usah ada penyakit, sayangnya itu gak mungkin.

    Yah namanya penyakit mah sama aja, sama-sama gak enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, lebih baik mah itu. Yang penting sehat aja lah, itu udah lebih dari cukup kok. Hehe.

      Delete
  17. si Andi siluman pohon apa sih? pohon toge ya. kena asma aja bangga. Ntar deh kalo kena.kanker ujung kuku baru banggain. itu kan penyakitnya orang kaya banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu apa bang? kanker ujung kuku. Emang ada bener yak? Haha.

      Delete
  18. eh, dulu gue pernah tuh kena penyakit usus buntu, tergolong penyakit orang sederhana kali yaa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kali ya, saya juga gatau soalnya. Muehehe.

      Delete
  19. mokat..aduh bahasa lu nggak enak banget deh Mat..-.-

    intinya mari jaga kesehatan dri sendiri, mari hidup benar dan bahagia selalu, aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya tuh. Udah diganti bahasa demi kakak. #cailah
      Amin...... O;)

      Delete
  20. ini postingan apasih akhirnya mati semua -_- kan yang sehat jadi ikut merinding mat.. postingan lo keren tapi hahaha :D

    ReplyDelete
  21. saya malah baru tahu ada penyakit semacam itu.. pake di bedakan segala lagi padahal sama sama penyakit.. kirain penyakit orang kaya itu sombong.. trus penyakit orang miskin itu minder.. yaaah.. apapun nama penyakitnya pada akhirnya memang semua akan mati:) sorry yah telat BW

    ReplyDelete
  22. Hahaha jadi ingat sama salah seorang teman. Dia jarang sakit, tapi selalu pengen ngerasain dirawat. Aneh kan? Yg sakit aja pengen sembuh, ini yg sehat malah minta sakit haha

    Hmm, sepertinya aku ga termasuk kategori di atas deh. Aku biasanya sakit pilek. Mungkin masuknya penyakit kelas menengah kali ya :D

    ReplyDelete
  23. Manusia itu udah beda. Kalau masih harus dibeda-bedain lagi, itu terlalu sakit :')

    ReplyDelete
  24. Kalau penyakit "hati". itu buat siapa? :P

    ReplyDelete
  25. Orang kaya emang penyakitnya elit semacam jantung, stroke, diabetes dll. Itu teh bisa jadi kebanyakan makan enak nggak bagi-bagi sih hahahaa :p
    Pada dasarnya nggak ada manusia yang pengen sakit. Jadi kalo nggak pengen sakit jaga badan sama hatinya baik-baik ya :')

    ReplyDelete