Jaman sewaktu SMA, gue paling suka musik aliran metal. Tapi, dari semua keluarga gue, sepertinya gue doang yang suka sama musik, yang kata orang-orang rusuh. Iya, kata mereka musiknya berisik banget dan lebih mirip kayak orang kerasukan setan.

Padahal, setau gue. Setan itu gak rusuh. Emang ada yang pernah denger kuburan berisik? Nggak kan. Ya, paling kalo berisik itu karena suara jangkrik. Atau, suara orang yang lagi pacaran tapi bukan pada tempatnya. Oke, skip. Kalimat terakhir gak perlu di bahas.


Dulu, saking suka-nya sama musik-musik metal. Gue rela menyisihkan setiap uang jajan gue, untuk membeli baju metal, model yang paling baru, cadas, dan unik. Hampir setiap bulan, gue pergi ke mall di daerah blok-m. Ini bukannya karena gue doyan shopping kayak TG TG yang ada di mall. Eh, tunggu. TG yang gue maksud itu Tante Gaul. Bukan, Tante Garang.

Oke lanjut ke topik. Setiap ada acara konser metal di senayan, gue termasuk orang yang paling niat untuk dateng. Panggungnya, belom ada. Eh, guenya udah ada. Tuh, kurang niat apa coba.

Pada suatu hari, gue pernah dateng melihat atraksi band metal/punk yang bener-bener ekstrim. Konon, sebelum melakukan pertunjukkan. Mereka selalu melakukan ritual yang di luar akal sehat. Sang vokalis membawa ayam hidup dihadapan penonton, lalu memakan ayamnya secara hidup-hidup sampe kelojotan, dan melemparkan ke arah penonton yang sedang berkerumunan. Heran. Di kira masih jaman orang barbar kali, disuruh makan kayak gitu. 

Menurut gue, itu tidak keren. Seharusnya, ayam itu di masak dulu. Terus, kalo udah mateng kita makan sama-sama. Tentunya, supaya halal dan sekaligus menjalin indahnya kebersamaan. Uhuy. - lagi bener

Ngomongin soal musik metal, banyak orang menganggap metal adalah musik-musik orang depresi atau frustasi. Secara gak sadar pasti banyak juga yang menganggap ini musik pemberontak, atau bahasa asiknya 'rusuh'. Maka dari itu, penikmat musik metal sering mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan keluarga, atau pada temen-temen.

Iya, bener. Hal seperti itu, pernah di alami sama gue. Bokap-nyokap gue, paling gak suka kalo gue nyetel musik metal, yang kata mereka iramanya di anggap bisa membuat kuping jadi sakit. Jelas, itu karena mereka lebih suka irama dangdut yang slow, aduhai, asoy, tapi tetep aja pas asik-asik goyang. Di Senggol Bacok. Nah, lebih sadis mana hayo.

Bukan hanya itu. Baju-baju anak metal, lebih dominan terlihat serem. Dan, itu alasan kenapa anak metal terlihat lebih sangar. Tapi, tenang. Cuma baju-nya doang kok, sangar. Buktinya hati gue tetep warna pink. Bagaikan pikachu yang kesiram oli. Ngerti gak ya? Nggak ya... yaudah, lupain aja yuk.

Sebenernya, musik metal itu ada dampak positifnya. Jika, kalian bisa merasakan suasana-nya. Tapi, tergantung juga sih. Kalo dasar emang gak suka, ya tetep aja susah buat suka. Hehe. Dan, biasanya lebih suka beranggapan buruk. Entah, pasti ada aja yang mikir kayak begitu. Kalo kata anak metal yang sedang membela dirinya 'ah, daripada kalian sukanya sama musik yang menye-menye'. *ngomongnya sambil headbang* eaaaak.

Padahal sebuah studi yang dilakukan Stuart Cadwallader dan Jim Campbell di Inggris, malah mengatakan sebaliknya tentang musik metal.

'Selama ini, banyak anak pandai di kaitkan dengan musik klasik dan kutu buku. Ini stereotype yang salah. Kami melihat satu grup, malah terasa lebih stress dengan musik klasik dan buku. Mereka menghilangkan stress itu dengan musik metal.' - Cadwallader

Nah, makanya. Kalo sedang mengalami kegalauan yang kronis, coba aja nyetel musik metal. Siapa tau bisa sembuh kan. Hehehe. Daripada musik melankolis, yang malah membuat suasana hati semakin pedih.............. Uh, shower mana shower. :''''

Menurut gue pribadi, itu karena orang menanggapi musik dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Kalo orang tersebut menganggap musik itu bercitra negatif, Ya otomatis pasti akan dikatakan musiknya gak enak. Tapi, kalo orang tersebut bisa mengelola diri, mengatur emosi, dan bisa mengambil sisi positifnya. Gue yakin, mungkin pandangan yang berbau negatif bakalan sirna. Dan, setelah itu....... 'U Will Get The Right Atmosphere'.

Jangan tanya gue, siapa yang di belakang.

53 comments:

  1. Yaah musik emang tergantung selera orang sih, BangMat. Susah deh kalo udah ngomongin selera. Eh, tapi musik juga bisa disesuaikan sama suasana pencitraan juga ding. Misalnya lagi pengen semangat, nyetelnya musik rock, punk. Kalo habis ditembak musiknya cinta-cintaan, kalo habis putus... yang sedih2 gitu sambil shower-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera itu emang ga bisa diganggu gugat ya, Ma. Nah, terkadang musik juga bisa disesuaikan dengan suasana. Gak harus yang itu-itu mulu. Muehehe.

      Delete
    2. Kalau sukanya itu-itu aja ya gak apa-apa to?
      Namanya kan setia... Pilih mana?

      Monogami atau Poligami?? :P

      Delete
  2. Hahaha musik kan emang soal selera bang :)

    ReplyDelete
  3. hahaha iya nih temen2 aku waktu sma juga suka headbang alias anak metal
    sampe sekarang masih ngemetal gak masbray?
    tapi aku kalau galau mah dengernya lagu sendu sendu lagi :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah gak terlalu, biasa aja. Hehe.
      Cewe mah kalo galau dengernya pasti yang melankolis gitu. :p

      Delete
  4. gue pernah liat band metal makan ayam sebelum maen, tapi kebetulan yang dimakan bkan ayam mat, Ular. nggak tau maksud dn tujuannya apaan. katanya sih aliran itu udah masuk sesat.

    ada juga metal yang islami, kaya one finger movement keren tuh nyebarin syiar islam lewat lagu2 metal.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha, lebih ekstrim lagi, Fil. Gilak.
      Iya, gue pernah liat ada band yang nyebarin syiar islam gitu pas di jakcloth. Tapi, gue gatau namanya apa. Lupa sih. Hahaha.

      Delete
    2. Masa iya makan ularr , , ? ? ?
      baru tau , ,

      Delete
  5. iya sih gue termasuk dari golongan itu yg nganggep musik metal itu musik urakan, musik yg berisik bingit..hehehe..tpi emang selera orng beda beda sih ya..smga walo musik metal tapi jiwa kalem yak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, bener kan. Hahaha.
      Tenang kak Mey, jiwa saya kalem bgt kok. Muahaha.

      Delete
  6. gue mah suka musik yang hard tapi juga tidak terlalu metal juga haha kadang juga kalau galau mah tetep aja mainin musik yang woles haha labil sekali >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bukannya labil bang, tergantung suasana juga. :D

      Delete
  7. suka banget sama musik METAL (Melow Total) haha.. :D

    ReplyDelete
  8. Hahaha apa iya itu ritual makan ayam mentah gitu? Mungkin besok gue jadi relawan yang ngasih ayam goreng ke mereka biar lebih sehat :') kasihan amat anak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue kurang ngerti juga, Nof. Hahaha.
      Mungkin, ga sempet doi buat masak dulu. Jadi, langsung di sikat dulu.

      Delete
  9. Hahaha jaman-jaman kejayaan anak SMA nih. Tapi gue ngga terlalu suka yang post-hardcore atau metalcore gitu. Agak gimana gitu soalnya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti lo pernah ngalamin juga ya, Di. Hahaha. Kalo post-hardcore atau metalcore gue juga kurang suka. Terlalu sangar.

      Delete
  10. aduh smp makan ayam gitu ya..serem juga konsernya..

    kali gue dlu sempet suka musik yg hardcore2 gitu mat...
    emang kalo ortu ngeliatnya musik metal kyak gt pasti kesannya urakan..
    kalo menurut gue sih seru...bisa puas klo dipake pelampiasan pas marah dan emosi lagi tinggi..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mif. Hahaha.
      Wih, serius. Jarang-jarang pake banget cewe suka lagu hardcore.

      Delete
    2. iya, tapi seru juga kok sekali2 muter lagu hardcore gitu...
      ah jadi kangen ber-hardcore lagi...haha

      Delete
  11. iya sih, kalo lagi stres boleh lah setel lagu metal. tapi ingat, sekali-sekali ajah, cuma saat lagi stress ajah! kalo keseringan kan kesian org sekitar keberisikan. jangan ego juga. enggak semua org merasa nyaman dengan suara bising musik metal. saling menghargai satu sama lain aja sih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, point ini paling penting. 'Saling menghargai satu sama lain'.

      Delete
  12. "If it's too loud, you're too old". Pas SMA emang sih rada-rada suka metal, screamo, punk ke atas, masih benci sama genre pop tuh. Sekarang mah beda, kupingnya udah ga terlalu toleran. Paling maksimal cuma sampe grunge atau nu metal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Rif. Ada waktunya juga dimana kalah kita bosen. Tapi, tergantung juga sih.

      Delete
  13. musik emang soal selera
    tapi klo kenceng2 denger lagunya bisa mengganggu tetangga :D
    hhhehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo setel musik keras-keras dirumah mah mau musik apapun bakal mengganggu tetangga. :))

      Delete
  14. kuburan yang berisik ya kuburanband, kembali lagi ke selera. tapi metal gak buruk. dari pada melayu. cuma Indonesia terlahir dengan bawaan melo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuburan band mah ga berisik. Mereka sering di cekal sama band gothic Indonesia loh. Soalnya, merusak pencitraan mereka. :D

      Delete
  15. Akhirnya bisa lancar buka blog ini, ehehe
    sebenernya aku bukannya gak suka musik berisik, tapi buat nangkep musik yang cuma tereak dan serak kaya gitu gak ngena di kupingku, soalnya lirik yang disampein gajelas.
    but i do have much metal songs kok, tapi tetep gapaham maksudnya kl enggak browsing liriknya -______-

    ReplyDelete
  16. cielaaah si mamat udah ganti header sama upload foto cwek di blog. buseet gue kalah start wkwk :p
    selera musik orang emang beda2. yang pasti gue gak suka ikut2an mosing wkwk

    ReplyDelete
  17. ahahaha mau dangdut, metal atau ska tetep aja, senggol bacok!!!

    itu yg makan ayam hidup pernah denger. Orang gila itu!

    ReplyDelete
  18. nggak mau komen foto paling bawah ah, gue mau tanya dah kenapa kalau denger musik keras semacam dragon force gue ngantuk? makannya sering dengerin kalau tidur hahaha

    ReplyDelete
  19. musik metal kalo didengerin pas galau emang kadang pas, tapi kalo mau tidur, tetep aja nggak bisa -_- eh itu hubungan posting sama foto di bagian akhir apaan? ciyeciyeeee

    ReplyDelete
  20. makan ayam kayak gitu , itu mau konser atau mau belajar ilmu hitam sih haha :DD
    kalau metal sih suka banget gw meskipun gak tau artinya haha

    ReplyDelete
  21. gua juga suka sama musik yg beraliran keras... boomerang, itu gua suka sama lagu2nya... keras, menghentak, padat berisi nilai2 moral

    ReplyDelete
  22. Bicara soal musik subjektif banget :) tapi musik Metal lebih menginspirasi. musik ANTI CENGENG!!! \m/ *headbang

    ReplyDelete
  23. panjang juga postingannya....
    musik itu soal selera masing-masing pribadi.... soal metal gue nyerah deh...

    ReplyDelete
  24. selera orang beda-beda dalam kesukaan musiknya bang.. gue lebih suka jazz..:D

    ReplyDelete
  25. Saya juga sama pernah diomelin keluarga klo dengerin musik metal, berisik & ga jelas katanya :D

    ReplyDelete
  26. jigagaga...anda dan mereka berada dijaman yg berbeda...

    ho oh..semua tergantung sudut pandang....dangdut asyik kayakya :P

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. jadi musik metal bisa jadi penghilang stress sepert kutipan kmu di atas.. hmmm oke oke..memang tergantung selerah org sih.
    klu sy sih memang bawaannya dari dulu dg musik yg terlalu keras dan super duoer berisik.. gak suka juga dengan musik yg asoy sprt dangdut... yah namanya selera kan jg bs di paksa kan hehe.

    ReplyDelete
  29. ritual makan ayam itu buat jadi kebal kali sob, kayak di perguruan silat gitu kalo ga salah juga ada, naburin darah ayam di tanah yang banyak batu, terus guling-gulingan disitu ga bakal berdarah kata nya sih gitu, tapi ga di makan idup gitu ayam nya. Mungkin dia lagi galau kali ya HAHA. Gua juga dulu suka sama lagu metal, terutama Asking Alexandria sama suicide silence, gua juga kaget pas vokalis nya suicide silence meninggal, gitu deh pokok nya. tapi karena akb48 buat cabang di indonesia JKT48 gua malah jadi suka sama idol grup sekarang HAHA ini lah kenyataan nya, tapi ya udah lah ya hehe nice posting sob!

    visit ya http://officialbronis.blogspot.com/2013/10/pacar-ku-oppo-n1.html makasih :)

    ReplyDelete
  30. aku sih lebih suka musik yang easy listening biar bisa ikutan nyanyi, tapi kalo pas galau. lebih baik emang denger lagu yang kaya metal gitu dah. dan bener. u'll get the atmosphere

    ReplyDelete
  31. jujur aja sih, emang ga suka dengan genre musik metal. Balik lagi ke selera, saya sih lebih suka folk, alternative, country gitu lah. Karena kebanyakan lagu dari genre tersebut punya lirik lirik yang membuat saya lebih mmm, "bangun".
    Anyway, nice read :)

    ReplyDelete
  32. dulu pertama denger (karna masih gak ngerti alurnya) ya gue gak mudeng apa maksudnya musik metal no! saking gajelasnya bikin kepala cuma jadi pening.

    tapi karna lama sering denger tetangga muter musik metal, sekarang tiap pagi gue ditemenin Bullet for my valentine! \m/

    kalo gue si jika belum tau alur musiknya jangan asal ngejudge dulu. hargai dulu genre musik yang laen karna gue gak mau musik gue dijelek2an.

    ^_^

    ReplyDelete
  33. AKU KALO LAGI STRES, LAGI GALAU AKU IDUPIN MUSIK ROCK PAKE HEADSET VOLUME FULL. SAMPE GAK DENGER LAGI SUARA DI SEKITAR, TERUS DI BAWA TIDUR #EH Ya allah capslock jebol

    ReplyDelete
  34. aku suka juga musik metal tapi j-metal fav bandku Dir en Grey ..sekarang g pengen denger musik easy listening ajah,,cape klo headbang terus kepala bisa copot ahhahaha... apapun musiknya minumannya tetep teh botol sosro hihihi

    ReplyDelete
  35. Gue setuju banget, sebenarnya metal (Underground) itu bukanlah musik yang rusuh. Kita bisa bandingkan konser metal dan konser dangdut. Mana yang lebih rusuh?
    Gue juga salah satu dari metalhead, music underground itu semuanya RESPECT banget dengan linkungan dan mereka tetap memiliki cinta..
    yeah..\m/
    nice post..

    ReplyDelete
  36. itu band siapa ya yang pake ritual ayam-ayaman?

    kemaren bulan april tuh ada bandung bersik bro, gue sempet nonton, keep \m/

    ReplyDelete