Siang itu, sehabis menyelesaikan pekerjaan, gue, bokap, dan para kerabatnya menuju sebuah lounge di Bandara untuk bersantai-santai. Ketika itu gue cuma sekedar mendengarkan mereka ngobrol hal-hal berbau politik. Bukannya gak mau ngomong atau gak ngerti, sebab gue paling termuda diantara mereka. Otomatis kaku aja gitu. Dan yang bisa gue lakukan, hanya duduk manis di atas sofa sembari menyeruput kopi hitam pekat yang ditraktir oleh bokap.

Pada intinya sih, manusia berjiwa muda ini belum beradaptasi nongki sama bapak-bapak. Hahaha.

Di tengah keterasingan, alhamdulillah, masih ada yang bisa gue nikmati secara cuma-cuma. Wifi gratis namun ngebut. Gue pun dengan penuh semangat membuka tas berisi notebook yang sengaja gue persiapkan untuk menghilangkan rasa bosan. Emang pas banget deh. Soalnya dari kemarin gue pengin nonton film yang kata temen-temen gue awsome banget, yakni 'The Theory of Everything'.

Akan tetapi, belum ada 5 menit nonton tuh film, tiba-tiba henfon dikantong celana gue menggema sebuah lagu A message to you rudy by The Special, yang merupakan pertanda ada telfon masuk. 'Bangke. Siapa, nih? ganggu aja..' kalimat itu cuma ada di dalam hati karena sekitar gue banyak teman bokap. Jelas harus jaga imej dikit. Kemudian, saat gue memandangi layar, ternyata yang menelfon gue itu nomor tidak dikenal. 

Hmm.. sebetulnya gue paling males mengangkat telfon seperti ini. Bukannya apa-apa, kan lagi maraknya modus penipuan lewat telfon. Kayak waktu itu, gue pernah dapet telfon dari seseorang yang ngaku-ngaku teman si Hamed. Dia minta gue untuk segera transfer uang kesepakatan jual-beli tanah secepatnya. LAHHH tanah siapa yang gue beli!!! Terus siapa tuh hamed-hamed?!? gue kenal hamed aja enggak.

Ah, ZEBRA ALBINO!

(kuda putih juga boleh sih)

Tetapi, pas gue pikir-pikir kembali, alangkah baiknya gue mencoba untuk mengangkat telfon tersebut. Takutnya itu merupakan telfon yang berisi sebuah pesan penting. Semisalnya, telfon dari nyokap yang minta dibelikan mecin di careffour. Hei. Hei. Jangan salah kaprah dulu. Yang gue maksud penting tentu bukan mecinnya, melainkan careffour. Belanja apapun, kalau belinya di careffour akan tetap terlihat keren. Sejauh mata memandang, itu lah yang gue lihat pada geng arisan emak gue.

Ngomong-ngomong soal telfon, mental gue udah begitu mantab. Gue  pun langsung pede mengangkatnya...

'Halo.... selamat siang' Ucap, penelfon. Pada saat yang bersamaan, gue mendengar juga suara tangisan yang kencang sekali. Membuat gue spontan mengernyitkan alis karena saking bingungnya.

'Ya, selamat siang. Siapa ya?' gue bertanya penuh keheranan.

'Kami dari kepolisian ingin memberitahukan bahwa putra bapak sedang kami periksa atas dugaan kasus narkoba. Dan kami disertai oleh alat bukti yang sangat kuat. Tetapi bapak tidak perlu panik dulu, karena kami mau beritikad baik dan membantu bapak mengatasi masalah ini.'

Mendadak gue langsung matiin telfonnya. Syok sekaligus Bingung. Sejak kapan gue punya anak? Punya pacar aja enggak. Yakeleus.

Bokap yang melihat muka gue gak beres setelah menerima telfon tersebut, seketika melontarkan pertanyaan yang menjurus pada sebuah penggalauan. Yang tadinya gue cuma bingung, sekarang ditambah dengan galau. Bokap emang oke.

'Kamu kenapa, Mat? Diputusin ya? Haha' ucapnya sambil nyengir jahat.

Gue menarik napas sedikit 'Hhhhh apaan sih... itu ada yang nelfon, katanya anak Rahmat ditangkap gara-gara narkoba. Sekarang lagi diperiksa sama polisi. Rahmat langsung matiin aja telfonnya, nanti kalo diladenin malah jadi masalah deh'.

Dengan nada menenangkan, bokap memberi jawaban yang apik, 'Oh, itu modus penipuan. Santai aja'.

Setelah diketahui penelfon adalah modus kampret. Seketika terlintas hal cihuy di otak gue yang penuh ide serupa einstein. Lagipula, gue udah terlanjur kesel banget. Di depan bokap, dan para kerabatnya, gue merasa terlihat bodoh karena berhasil dibego-begoin sama penipu sialan. Pencitraan gue pada mereka otomatis berakhir gagal. Mungkin aja dalam hati kecilnya mereka bilang gini, 'Aduh... ini anak payah banget. Pasti waktu masih di PAUD dia udah ngerasain veter (Gak naik)'. Katembah!!!

Kemudian, baru 10 menit berjalan, henfon gue kembali berbunyi. Gue sekejap langsung mengambil henfon lalu memandangi layarnya lagi. Dan dugaan gue ternyata benar. Gue mendapatkan telfon dari nomor yang sama. Nomor yang kata bokap gue adalah penipu. Gue yang sedari tadi udah mempersiapkan kalimat-kalimat dendam yang bertujuan tek balik tuh penipu, pun mengangkat telfon tersebut dengan keadaan berapi-api.

'Halo.....' ucap gue dengan nada lumayan tinggi.

'Halo, Pak. Tolong jangan dimatikan hp-nya. Kami ini aparat negara. Tolong dihargai. Dan urusan anak bapak kami mau menawarkan solusi. Mohon bapak pikir-pikir lagi dengan baik.' Jelasnya langsung, dan masih sama, ada suara-suara anak sedang menangis.

Diiringin oleh muka kayak bintang sinetron ketika sedang menjalankan modus kejahatannya, gue mengatakan:

'OH, ANAK ITU TANGKAP SAJA. DIA SERING NYUSAHIN. TERUS MAKANNYA BANYAK. OIYA, KASIH TAU SAMA DIA. WARISANNYA YANG DIDAPAT DARI KAKEKNYA, AKAN SEPENUHNYA JADI MILIK SAYA. SAYA JUGA MAU MENYARANKAN SAMA BAPAK, KALO PERLU HUKUM MATI AJA BARENG TERSANGKA BALI NINE ITU. BIAR DIA IKUTAN HITZ. KASIHAN SOALNYA KETANGKEP TAPI GAK ADA YANG TAHU.

DISITU KADANG SAYA MERASA SEDIH'.

Setelah ngomong begitu, gue langsung menyudahi telfonnya. Namun gue telah lupa bahwa keberadaan gue sedang sangat tidak strategis untuk melontarkan keisengan ini terhadap penipu di telfon. Walhasil, Bokap, dan para kerabatnya menatap nanar ke arah gue. Seseorang di belakang yang tidak sengaja menguping obrolan, melihat gue dengan tatapan yang mengisyaratkan bahwa ada seorang remaja sedang diterpa banyak masalah akibat nikah muda.

Pada akhirnya, kebodohan yang seharusnya menghilang. Justru semakin menjadi-jadi.

#Mamatcowokbodoh

***


73 comments:

  1. jawabannya bikin nyengir :D coba kalau gak ditutup, biar tahu gimana jawaban si penelpon,
    lagian masih musim juga ya penipuan lewat telpon kek gitu, kirain udah gak ada lagi, ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak kok. Orang awam pasti kemungkinan bisa kena trik begitu.

      Delete
  2. Ngakak tuh ada modus kayak gitu, hahahaha. Emang bang Mamat udah punya anak beneran ? :o

    Dan itu, 'The Theory of Everything' aku juga pengen nonton. Soalnya kakak ku kemarin nonton dan katanya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya pacar aja nggak. Apalagi punya anak. Huft.

      Delete
  3. Bahahah.. Kampret. Memang lebih bagus digituin sik. :D

    Btw, emang uda punya anak? ._.

    ReplyDelete
  4. Wah saya pengen tau reaksi penipunya padahal, eh langsung ditutup. Btw jadi itu anak siapa? [...]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini saya ga tau jawabannya han. Biarkan lah menjadi misteri.

      Delete
  5. Mat, kenapa lu masih angkat juga, udah tau itu penipuan. Masih aja, lu angkat.

    Terus harusnya lu bilang gini "Eh, gue belum pernah menikah sama perempuan manapun. Mana mungkin gue ngelahirin anak sendiri."

    Lu gak bodoh, mat. Cuma rada kurang aja. "Kurang bodoh." :D

    Semoga lu bisa menemukan istri lu mat. "Eh... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue mau balas dendam, Her. Kesel aja tuh sama tuh orang. Mau modus tapi disaat momennya lagi gak tepat. Lain kali tuh harusnya mereka bilang dulu, jadi gue kan ada persiapan buat 'memperpanjang' tuh dialog.

      Delete
  6. Tanteku juga pernah ditelfon kayak gitu dan jawabannya mirip sama jawabanmu. Tapi bedanya, saat tanteku ngomong gitu, anaknya ga sengaja dengar dan disitu dia merasa sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... gak kebayang sama perasaan anaknya. :(((

      Delete
  7. PAK, ANAK BAPAK SUDAH SAYA TANGKAP DAN SUDAH DIHUKUM MATI BARENG TERSANGKA BALI NINE. SEKARANG DIA SUDAH NGEHITZ. DI SITU BAPAK HARUS MERASA BAHAGIA.

    Jadi, gimana kalau warisannya kita bagi dua? Deal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rim. Jangankan warisan, hati ini pun bisa dibagi dua kalo mau. Eaaaa.

      Delete
  8. Gue sih gak pernah dapet telpon gitu, kalau sms penipuan mah sering. Lagian itu kan modus lama ya, tapi masih aja ada yang nipu dengan cara gitu, mana banyak lagi korban yang ketipunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga heran.. mungkin triknya bagus kali. Haha..

      Delete
  9. Hahahah... Kampret lah Mat.. mat.... ngakak gue. Bukan karena jawaban elu, tapi karena ngebayangin muka-muka temen bapak lu. Dan iyu Mat, hestek cowok bodoh itu mending diilangin deh, semua udah tau juga. *langsung sungkem*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen iyu lebih kampret, haw. Pengen banget dicidori.

      Delete
  10. wkwk emang deh ya modus mah ada ada aja, kalo gue diposisi lo gue udah ngakak abis itu, Lah pacar aja belon ada, kenapa anaknya udah ada. itu anak sape ? wkwk.. untungnya modusnya enggak kaya gini ya

    Si modus : "Kami dari kepolisian ingin memberitahukan bahwa mantan anda sedang kami periksa atas kehamilannya dengan pacarnya. Dan kami mempunyai bukti yang sangat kuat dan kamu harus bertanggung jawab. Tetapi kamu tidak perlu panik, karena kami mau beritikad menikahkan mantan kamu dengan pacarnya"

    Gue : lah bodoamat, apa urusannya sama gue.

    Si modus : untuk menikahkannya kami membutuhkan modal untuk memberi mas kawin dll, sekiranya kamu bersedia, kami meminta kamu mengirimkan se"ikhlasnya" minimal 20jt kerekening 2012314212841 atas nama Boboy.

    Terus kira2 respon lo apa mat kalo dialognya kaya gini ? kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Respon gue mah simpel aja, Maz. Paling cuma bilang gini:

      'KAMU MINTA AJA SAMA UPINI-IPIN, KAMU KAN SATU NEGARA!"

      (Lha, ini boboy maksudnya difim boboiboy bukan, sih?)

      Delete
  11. itu beneran ngomong "disitu kadang saya merasa sedih?" gak kebayang gimana muka yang nelpon setelah denger ngomong gitu. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangin. Nanti terjangkit iba akut.

      Delete
  12. wah, itu gambar astronot di disain blognya mancaapppp... mampir jg ya ke www.gembulnita.blogspot.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Hehe, tuh yang buat ada dibawah si Shakti Nugroho. :D

      Delete
  13. Gue sih Alhamdulillahnya nggak pernah ngalamin di telpon kayak gitu, tapi kalau di sms mah sering gue -,-

    Itu hestegnya ilangin aja, semua udah pada tau kok hahaha

    ReplyDelete
  14. Kalo gue sih lebih seringnya di sms, bukan ditelfon, mat. Gue bukannya jengkel, tapi malah pengen ngakak tiap digituin. Soalnya tiap ada modus penipuan soal hadiah jutaan, web yang mereka pajang buat ngeyakinin sasaran tuh web yang domainnya gratisan. Jelas dong, gue bales smsnya, gue maki-maki sambil nyengir. Orang sini suka ngeblog, punya domain pribadi berbayar pula, masa ditipu orang sok-sok ngasih link tapi dari domain gratisan. Mana percaya. x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mereka penipu kurang usaha, shak. Makanya jarang berhasil. Mending lewat telfon gini, lebih kelihatan usahanya kan. Sekalian melatih ilmu komunikasi. Hahaha.

      Delete
  15. Si penipu langsung cengo itu bro, hahaha..
    Mulut langsung nganga lebar nemu calon korbannya ternyata udah kayak zebra albino. Oke maap....

    Btw, salam kenal. Kunjungan pertama di blog ini...

    ReplyDelete
  16. wkwwk. lucu juga.
    tapi masih ada aja ya penipuan macam gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, maklum penipu. Dibekali segala cara. Wkwk.

      Delete
  17. Gua ngakak banget dibagian nikah muda. Gokil lu! :))

    ReplyDelete
  18. Out of the box,apa hanya gue baca ini langsung nyari lagu "A message to you rudy" :D

    ReplyDelete
  19. Padahal Elu jangan dulu bilang "Iya tangkap aja pak" , coba lebiih di dramatisir semisal : "Bapak serius nangkap anak saya blablablabla dst" layanin dulu, ntar udah si penipu panjang lebar ngejelasin keinginannya baru deh Elu skak mat! Hahahaha

    Tapi, kompor gas broo, tajem (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja udah salah banget gue ladenin pake cara itu, bro. Karena posisi gue sedang tidak strategis. :(

      Delete
  20. Hahaha itu modus penipuannya lumayan niat ya, nelpon segala. Biasanya cuma sms aja. Atau mungkin si penipu lagi dapet bonus nelpon gratisan?

    Menurut gue, jawaban elo sungguh kece badai halilintar mengaum-ngaum binggow, Mat. Good job!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, seharusnya kita beri apresiasi. Makanya modus itu lumayan jitu, soalnya pake usaha. Wkwk.
      Maacih, Mi! :D

      Delete
  21. Ah kayak asrtis aja gak mau jujur kalau udah punya istri sama anak. Muka cakep gitu masa belum laku. Harusnya bangga dong bisa sukses bikin anak. *Abaikan

    Aku curiga itu semua dilakuin sama tim Ups Salah. Tapi kamu udah keburu nutup telfonnya, padahal Vincent udah mau nyamperin kamu. *Ngayal
    Sekarang penipuan udah pakai banyak modus, lucunya kalau modusnya gak tepat sasaran kayak gini. Korbannya juga malah jadi geli sendiri kan. Gak punya anak malah main nangkep aja. Anak siapa coba yang ditangkep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Muka cakep gitu masa belum laku. Harusnya bangga dong bisa sukses bikin anak."

      Ini kalimat sebenernya menyenangkan. Tapi momennya belum tepat. Argghh.

      Delete
  22. penipuan lewat telpon emang udah banyak ya,hehe gak kebayang gimana reaksi teman bokap kamu pas denger jawaban kamu itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama sih kaget. Akhirnya malah ngakak. Hahaha.

      Delete
  23. Hahaha sekarang makin banyak modus, udah ga jaman lagi kali iya modus di sms dengan sebutan "MAMA" hadeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh. Masa "MAMA" mulu!!!!! "PAPA" kapan?!?

      Delete
  24. Pernah ngalamin telpon modus model bgitu, enaknya memng ngerjain balik, tahu rasa...

    ReplyDelete
  25. hahaha. gilaa. gokil banget itu jawaban lo.
    tapi gimana kalau itu adalah orang dari masa depan, dan ternyata anak lo nantinya emang pecandu narkoba. hayolohhh.
    btw, warisannya bisa tuh dibagi-bagi ke gua

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk untung yang dapet telfonnya segokil ini. :P

      Delete
  26. hahaha gue juga pernah tapi soal kuis ckckckc :D

    ReplyDelete
  27. hastagah ngakak loh ahhahha...
    saya jg pernah c tapi biasa yg soal menang undian gtu wkkwkwkwk

    mampir2 ya brow :D

    ReplyDelete
  28. Banyak banget nich modus macam begini, kapan lalu nyokap gw yg dapat telp macam gini. Untung lagi ngumpul semua jdi ketauan penipuan

    ReplyDelete
  29. Bagi lowongan kerja dong, Mat. :( mau juga jadi honorer.
    Komentar paling beda. Bahaha.
    Kadang ngerjain balik itu emang asyik. :D
    Kalo perlu telepon lagi pake nomor lain. Terus gantian bilang, "Pak polisi, istrimu selingkuh. Saya ada fotonya. Jika ingin bukti fotonya tolong transfer ke blablabla."

    ReplyDelete
  30. HAHAHAHAHAHA

    Anjrit ... kampret banget Mat, ngakak gue baca lo yang ngerjain balik terus suruh matiin bareng bali nine :D
    kampretnya itu, pake acara disitu kadang sayang merasa sedih segala :D

    btw.. bokap lo sotoy pake bilang lo abis diputusin. Lo kan jomblo, ah bokap lo terlalu pede ngira anaknya gampang laku :D

    btw... keren juga kerjaan lo Mat jadi protokoler bandara... walopun masih honorer, kayaknya sih tetep aja gak sedih2 amat upahnya :D

    ReplyDelete
  31. Itu pasti awkward banget ya teriak-teriak di bandara? Hahaha. Eh protokoler itu apaan sih?

    ReplyDelete
  32. Hahaha...gila banget jawaban terakhir lo mat. Tuh polisi gadungan dan antek-anteknya pasti kebingungan...wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...BTW, protokoler bandara itu yang gimana sih? *Efek jarang naik pesawat*

      Delete
  33. ngakak banget sama percakapan lo sama si modus lewat telpon..gue belum denger modus macam itu sebelumnya jadi itu udah yang paling baru pake telpon telpon segala setelah dulu ada modus telepon dapet hadiah suruh transfer uang dulu..dulu gue jga pernah tapi moduanya dapat hadiah..terus gue bilang, "Aduh Pak, saya nggak punya rekening pakk..." Eh, langsung dimatiin kamfret emang..jaman sekarang orang makin kreatip modusin orang. waspadalah waspadalah!!!

    ReplyDelete
  34. ahahahahahhaa

    Kebayang aja semua orang ngeliatin dengan mulut menganga sampe ada yang ngejatohin rokoknya :))))

    ReplyDelete
  35. masalah penipuan lewat telpon gitu emang parah banget. banyak sekali modusnya. aku pernah di telpon dapet hadiah. karena aku sadar itu penipuan, aku jawab "nggak usah deh pak. uangku udah banyak". eh dia maksa. aku tutup telponnya, di telpon lagi. sekaranh orang nipu aja maksa. kacau parah emang.

    ReplyDelete
  36. Keren, nih. Tulisan lo out of the box, banget.

    ReplyDelete
  37. whahaha..
    yang nelpon itu modusnya kayak sales panci, nguber mulu :3
    Udah di reject juga masih nelpon lagi. Haha :D

    Eh iya,
    banyak kok yang punya anak, walaupun ga punya pacar
    >,<
    Udah, skip.

    ReplyDelete
  38. tu penipu ga kapok apa ya....kerjaannya cuma itu kali ya...udah kebayang juga si modusnya dan orang semakin hati2 dan pasti ada juga yang jadi korban

    ReplyDelete
  39. Hahahhahaa... bagaimana itu reaksi penipunya setelah di bilang gitu? kwkwkwkw

    ReplyDelete
  40. wkwkwk..koplak lah balasanya, gak kebayang gimana tuh ekspresi si penipunya.

    ReplyDelete
  41. eyaaaak gan eyaaaak wkwk
    www.tips-indonesia.com

    ReplyDelete